Jual Tape Uli

Tape Ketan Hitam Aseem

Dari resep resep dapat dilihat ada beberapa teknik memasak ketan untuk difermentasi, pertama tama si ketan direndam dulu kurang lebih 10 jam, lalu dimasak dengan cara diliwet, dikukus lalu disiram air panas dan dikukus diaron lalu dikukus kembali. Setelah itu si ketan didinginkan dan dihilangkan uapnya, baru diberi ragi dan disimpan dalam tempat tertutup atau dibungkus daun pisang atau plastik.

Singkatnya si ketan hitam itu berubah menjadi tape karena ada ragi yang dapat menguraikan pati ketan menjadi gula dan alkohol serta berbagai aroma tambahan dari ragi tersebut. Ragi ini tentunya memiliki syarat agar bisa tumbuh seperti suhu yang tepat serta kebersihan alat dan tempat si tape. Awalnya ragi tersebut mengurai ketan menjadi gula, lama lama gula tersebut terurai lagi menjadi alkohol dan berbagai enzim lain. 

Pemberian Ragi - Salah Satu proses dalam pembuatan tape ketan hitam

Jika tape ketan anda terasa asam mungkin ada beberapa penyebab gagalnya pembuatan ketan hitam diantaranya: 
  1. suhu tempat membuat tape ketan
  2. peralatan yang kurang bersih dan steril
  3. ragi tapenya sendiri yang bermasalah mungkin sudah tidak berfungsi atau takarannnya tidak sesuai dengan keperluan
  4. Proses pengolahan beras ketan 
  5. Jenis beras ketan
Dan janganlah takut gagal dalam membuat tape ketan. Karena dengan anda sering mencoba anda akan mendapatkan takaran yang pas dalam membuat tape ketan.

Jika anda tidak mau repot dalam membuat tape ketan hitam anda bisa memesannya dikami dengan Whatsapp kami di 0819-0641-5845. Anda akan mendapatkan tape ketan dengan kualitas baik.

Related : Tape Ketan Hitam Aseem

0 Komentar untuk "Tape Ketan Hitam Aseem"